//Little of Me !
follow | dash

ME ~

Navigation : Hover the image :)



Diaries Super Woman Linkies Stuff

Hello all! I'm Husna. Have enjoy in this blog.


Chatting!

Put your CBOX codes here!

Big thanks!

Template : HUsna Mahdi
Basecode : Nurul AtiQah
Izyanyancinnamon
Re-Edited By: Your Name
Header:  


Jepang 2


Ada sedikit informasi ni tentang Teru Teru Bozu, semoga bermanfaat
Teru teru bōzu (てるてる坊主) adalah boneka tradisional buatan tangan yang terbuat dari kertas atau kain putih yang oleh petani Jepang petama mulai digantung di luar jendela mereka dengan benang. Jimat ini memiliki kekuatan magis membuat cuaca menjadi baik dan untuk menghentikan atau mencegah hujan.”Teru” adalah kata kerja dalam bahasa jepang yang menjelaskan bercahaya, atau baik (cuaca) dan “bōzu” adalah Buddha rahib, atau jika dalam slang artinya “gundul.”
Teru teru bōzu menjadi populer selama periode Edo (sumpah do gak bermaksud), anak-anak membuat teru-teru-bōzu dari kertas tisu atau kapas dan benang/senar dan menggantungkan boneka ini di jendela karena ingin cuaca yang cerah, sering dilakuan sebelum hari piknik sekolah. Jika digantung terbalik dengan kepala dibawah maka kerjanya seperti doa untuk hujan. Jadi jangan sampai salah membalik. Ada warabe Uta (lagu anak-anak) yang terkenal, atau Japan nursery rhyme,terkait dengan teru teru bozu:
dalam tulisan Jepang dan di roman-kan:

てるてるぼうず,てるぼうず明日天気にしておくれいつかの夢の空のように晴れたら金の鈴あげよ
Teru-teru-bōzu, teru bōzu                        Teru-teru-bozu, teru bozu
Ashita tenki ni shite o-kure                       Buat besok hari yang cerah
Itsuka no yume no sora no yō ni               Seperti langit dalam mimpi
Haretara kin no suzu ageyo                       Jika cuacanya cerah saya                                                                  memberikan Anda bel emas

てるてるぼうず,てるぼうず明日天気にしておくれ私の願いを聞いたなら甘いお酒をたんと飲ましょ
Teru-teru-bōzu, teru bōzu                        Teru-teru-bozu, teru bozu
Ashita tenki ni shite o-kure                       Buat besok hari yang cerah
Watashi no negai wo kiita nara                 Jika Anda ingin membuatnya menjadi                                                                 kenyataan
Amai o-sake wo tanto nomasho               Kami akan banyak minum sake manis

てるてるぼうず,てるぼうず明日天気にしておくれもしも曇って泣いてたらそなたの首をちょんと切るぞ
Teru-teru-bōzu, teru bōzu                        Teru-teru-bozu, teru bozu
Ashita tenki ni shite o-kure                       Buat besok hari yang cerah
Moshi mo kumotte naitetara                    Tetapi jika mendung dan anda menangis                                                                 (hujan)
Sonata no kubi wo chon to kiru zo           Lalu aku akan memotong putus kepalamu.
Sejarah Teru-Teru Bozu ini diduga berasal dari sebuah kisah mengenai seorang biksu yang menjanjikan akan mendatangkan sinar matahari kepada petani, karena banyaknya tanaman yang rusak akibat hujan yang berkepanjangan. Namun karena biksu tersebut tidak bisa mendatangkan sinar matahari, akhirnya biksu itupun di hukum mati.
Mungkin nama "Bozu" untuk boneka ini tidak bisa di artikan sepenuhnya sebagai seorang "biksu". Namun lebih kepada kepala boneka yang bundar, di artikan sebagai kepala yang botak, maka dengan begitu cahaya matahari akan memantul, dan mengakibatkan cuaca akan menjadi cerah nantinya. Maksudnya itu, hujan enggak bakal dateng soalnya cahaya matahari mantul ke kepalanya Teru Teru Bozu yang bOtAk itu dan mantul lagi kelangit yang mengakibatkan tidak turunnya hujan. Apabila Teru-Teru Bozu di taruh terbalik, maka diartikan, kita ingin meminta hujan.